KEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA, PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI MALANG ADAKAN SEMINAR KEWIRAUSAHAAN SECARA ONLINE

KEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA, PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI MALANG ADAKAN

Malang- Upaya menanamkan jiwa wirausaha bagi generasi muda terus ditumbuhkan oleh Badan Usaha Mandiri PKPT IPNU IPPNU Kampus Pendidikan “Khittah wa Khidmah” Universitas Negeri Malang, hal ini ditunjukkan dengan diadakannya Seminar Kewirausahaan pada Minggu (30/8) via Google Meet.

Semangat berwirausaha di usia muda perlu ditumbuhkan guna mewujudkan mahasiswa yang unggul dalam segi akademik maupun non akademik. Seminar kewirausahaan dengan tema “Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Ekonomi Bisnis dan Industri Kreatif” menghadirkan pemateri sekaligus wirausahawan muda yakni Rekan Syamsu Dhuha, peserta yang mengikuti seminar mayoritas dari mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sekaligus para anggota, alumni serta pengurus PKPT IPNU IPPNU UM, dimana para peserta nampak  antusias dalam mendengarkan pemaparan yang telah disampaikan oleh narasumber.

Rekan Syamsu Dhuha merupakan alumni Universitas Negeri Malang, jurusan Game Animasi (D3) yang lulus tahun 2013 kemudian melanjutkan (S1) jurusan Desain Komunikasi Visual dan menyelesaikan studinya pada tahun 2016. Beliau pernah menjadi desainer PT EMAS Corp 2013, direktur CV Dhuha Inspiratif 2016 hingga sekarang. Dalam memaparkan materinya pemateri banyak memotivasi peserta dan mengulas materi mengenai kiat serta strategi bagaimana menjadi pengusaha di usia muda yang sukses.

“ yang terpenting itu harus inovatif dan kreatif, jangan monoton ketika menggunakan media untuk promosi, bisa join dengan temannya yang jago desain, jadi saling melengkapi” ujar Rekan Syamsu Dhuha saat menyampaikaan materinya.

Memiliki brand dalam berwirausaha juga sangat penting, visi misi tujuannya jelas, memiliki keunikan tersendiri, analisis pasar serta melihat keadaan sekitar juga perlu dilakukan. Hal ini diperlukan agar mengetahui minat dari konsumen, kira-kira apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

“intinya fokus pada usaha diri kita sendiri, jangan menjelekkan atau menjatuhkan bisnis orang lain, bangun relasi sebanyak mungkin” tambah beliau. Selain itu, mindset wirausaha harus dibentuk sedini mungkin, serta tidak ragu untuk memulai usaha dari hal kecil.

Seminar ini ditutup dengan doa, dan penyampaian kembali mengenai syarat dan ketentuan give away yang diadakan oleh panitia juga ada give away khusus yang diberikan oleh pemateri untuk para peserta. (Suciati Lia O)

 

Pembukaan Seminar Kewirausahaan BUM

Penyampaian Materi oleh Narasumber

98 thoughts on “KEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHA, PKPT IPNU IPPNU UNIVERSITAS NEGERI MALANG ADAKAN SEMINAR KEWIRAUSAHAAN SECARA ONLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *