Senyum Ramadhan Bersama PKPT IPNU IPPNU UM

Senyum Ramadhan : Tingkatkan Kepedulian dan Kebersamaan Kader PKPT IPNU IPPNU Universitas Negeri Malang

PKPT IPNU IPPNU Universitas Negeri MalangBulan puasa merupakan bulan yang dipenuhi keberkahan. Para umat muslim melakukan ibadah puasa dan juga berlomba-lomba meningkatkan intensitas amal ibadah lainnya, seperti membaca al-qur’an, Shalat sunnah, bersedekah dan lain-lain. Tentu saja berlomba-lomba dalam hal kebaikan sangatlah dianjurkan.

Turut mengambil momen ini, PKPT dan PAKPT IPNU-IPPNU UM mengadakan kegiatan yang dinamakan “Senyum Ramadhan”. Kegiatan ini mengambil tema “Indahnya Senyuman di bulan suci Ramadhan”.

Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada sore hari (4/4)  diawali dengan pembacaan khataman al-qur’an, hingga dini hari (5/4) ditutup dengan Sahur on the Road. Selain melakukan kegiatan berbagi makanan di jalan yang diharapkan bisa meningkatkan tingkat kepedulian seperti pembagian takjil dan makanan sahur.

Titik kumpul “Senyum Ramadhan” berada di MWC NU Klojen, sedangkan untuk pembagian takjil dilakukan di Jl. Veteran dan Sahur on the Road dilakukan di daerah pasar besar dan stasiun lama kota Malang.

Kegiatan pertama dari acara tersebut  adalah khataman Al-Qur’an. Disambung dengan pembagian takjil di jalan, serta buka bersama untuk panitia. Setelah itu diadakan Shalat tarawih bersama di MWC NU yang dipimpin oleh ketua IPNU UM periode sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an, ditutup dengan nonton bareng dan diskusi Bersama (4/4). Keesokan harinya, dilanjutkan dengan kegiatan sahur Bersama antar kader,  serta sahur on the Road.

Kegiatan ini sudah diagendakan sebelumnya, akan tetapi persiapan kegiatan ini sendiri bisa dibilang sangat singkat, hanya seminggu. Hal ini disebabkan seminggu sebelumnya para kader masih menjalani kegiatan pelantikan pengurus baru. Meskipun demikian, acara ini bisa dibilang sukses digelar meskipun terdapat beberapa kendala, tapi juga bisa diatasi saat itu juga.

“Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan” ucap Rekan Ikwan dalam sambutannya.

Memang momen Ramadhan adalah hal yang sangat dirindukan, dan sayang apabila tidak digunakan untuk hal yang membawa kemanfaatan. Diharapkan acara seperti “Senyum Ramadhan” ini bisa dijalankan terus setiap tahunnya.

Penulis : Alfa’uzun Nisak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.